Minggu, 10 Agustus 2008

ukur consumer confidence kita yuk :P

Wew, apaan tuh consumer confidence ?


kalian pernah ga, sebelum mau beli sesuatu, kalian mikir dulu, "Kira2 klo gw beli ini, kegunaanya bakalan sebanding ga ya sama harganya?? Trus klo gw beli ini, kira2 duit gw bakalan abis ga ya di masa depan" nah, itu dia kira2 sebagian kecil arti dari consumer confidence tadi.

klo yg agak kompleksnya, kita mengukur2 kesehatan keuangan kita di masa yg akan datang, bagaimana keadaan ekonomi di negara yang kita diami ini, apa nanti ngaruh ga ke keuangan kita klo kita membelanjakan uang yang kita miliki..

nah dari pengukuran ini kita akan mempunyai sebuah rencana dalam keuangan kita, rencana untuk tetap menyimpan uang kita di bank atau membelanjakannya.

oke, sekarang mari kita ukur sama2 consumer confidence kita:

pertama
apa yg lo rasakan tentang ekonomi negara Indonesia di saat sekarang ini? apakah baik2 aja, atau lagi gawat kaya masa2 krismon 1998 dulu, atau malah sedang membaik..?

kedua
itung uang yang kita punya, baik dari yg ada di bank tabungan kita, pemasukan dari kita kerja, dan pemasukan dari aset yg kita punya..

ketiga
ramal-lah keadaan ekonomi Indonesia di masa depan, pake bola kaca juga boleh..

keempat
nah kita hubung2in nih, antara ramalan kita tadi dengan pemasukan yg akan kita peroleh di masa mendatang, apa sama2 aja kaya tahun sebelomnya, berkurang, atau malah bertambah?

kelima
ada beberapa kemungkinan yg akan keluar. Mungkin kita percaya bahwa ekonomi di masa depan jadi jelek, jadilah kita memilih tetap menyimpan uang di bank ujuk2 untuk mensuport keadaan uang kita di ekonomi masa depan yg jelek ini. Atau kita percaya bahwa ekonomi di masa depan jadi bagus sehingga pemasukan kita pun akan bertambah? horeee... nah dalam keadaan kaya gini biasanya kita akan lebih ringan dalam mengeluarkan uang untuk membelanjakan sesuatu

------------------------------------------------------------

Siiip, itu dia istilah consumer confidence tadi berasal, jadi klo kita pede2 aja ga bakal kehabisan uang di masa depan, kita pasti akan gampang2 aja kan melakukan shopping dsb2. Begitu pula dengan yang sebaliknya, klo kita ga pede dengan keadaan uang kita di masa depan, maka kita kan akan lebih menghemat uang kita dengan tidak membelanjakannya ya? jadi disimpen di bawah bantal gitu...

jadi menurut lo, consumer confidence kita tinggi nggak untuk masa sekarang ini? klo rendah, ya udah simpen aja di bank dulu duitnya. Nah klo tinggi!? asiiiik, shopping sana sini dooong.. wuhuuuw!!

oke, sekian dulu

-hihihihi-

Label:

1 Komentar:

Pada 1 Januari 2010 18.03 , Blogger cbmcare mengatakan...

menurutku keadaan ekonomi tahun ini akan tetap turun kalau tsunami century tidak diselesaikan, kalau tsunami century bisa diatasi saya optimis bisa lebih baik. agar lebih baik jangan lupa jaga kesehatan www.cbmcare.blogspot.com menjadi sehat dengan cara alami MADU DAN HERBAL

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda